Peternakan

13 March 2016

Visi dan Misi Program Studi Peternakan

       Penyusunan Visi, Misi, Tujuan dan Sasaran Program Studi (PS) S1 Peternakan, Fakultas Pertanian

       UNTAN melibatkan pihak-pihak sebagai berikut:

  • Tim Kurikulum
  • Seluruh Dosen S1 Program Studi (Prodi) Peternakan, Fakultas Pertanian UNTAN.
  • Tenaga Kependidikan
  •  Mahasiswa
  •  Pengguna Lulusan/ Pemangku Kepentingan (Pemerintah dan Perusahaan Peternakan).

Selanjutnya mekanisme penyusunan yaitu sebagai berikut:

  • Melakukan Studi Perbandingan dengan berbagai Program Studi Peternakan di berbagai Perguruan Tinggi di Indonesia seperti Institut Pertanian Bogor, Universitas Gadjah Mada, Universitas Padjajaran, Universitas Brawijaya, Universitas Diponegoro, Universitas Andalas dan Universitas Sebelas Maret. Serta Studi Banding dengan berbagai Perguruan Tinggi luar negeri seperti Universitas Putra Bangsa Malaysia melalui website-website yang ada.
  • Melakukan diskusi, tukar pendapat (brainstorming) anggota tim kurikulum untuk membahas berbagai hal yang terkait dengan dokumen evaluasi diri, Visi, Misi, Tujuan, Sasaran serta Strategi Pencapaiannya dengan Prodi Peternakan Universitas Tanjungpura (UNTAN).
  • Menyusun draft Visi, Misi, Tujuan, Sasaran serta Strategi Pencapaiannya.
  • Mendiskusikan draft Visi, Misi, Tujuan, Sasaran serta Strategi Pencapaiannya dengan seluruh dosen Prodi Peternakan Fakultas Pertanian UNTAN sampai mencapai kata sepakat mengenai draft yang diusulkan tersebut.

       Pengesahan Visi, Misi, Tujuan Sasaran serta Strategi Pencapaiannya oleh Dekan/Ketua Senat Fakultas

       Pertanian UNTAN.

  • Melakukan sosialisasi Visi, Misi, Tujuan, Sasaran serta Strategi Pencapaiannya melalui:
  • Pemasangan poster di dinding ruangan Ketua Program Studi Peternakan.
  • Pemasangan x-Banner di depan ruangan Ketua Program Studi Peternakan.
  • Membagikan brosur Program Studi Peternakan di Kalbar, dimana Visi, Misi,Tujuan dan Sasaran Program Studi Peternakan UNTAN sudah cantumkan di dalamnya. Pada berbagai kesempatan seperti Sosialisasi Program Studi Peternakan ke SMA/SMK, Pameran Pembangunan, acara pameran pada kegiatan Dies Natalis Fakultas Pertanian dan Dies Natalis UNTAN Pontianak.
  • Memasukkan ke dalam buku pedoman Fakultas Pertanian UNTAN dan Membagikannya kepada mahasiswa baru.

A. Visi

              Visi Program Studi Peternakan Fakultas Pertanian UNTAN yaitu sebagai berikut :

              “Pada tahun 2020 Prodi Peternakan UNTAN menjadi institusi pendidikan Peterbakan yang unggul

               di Kalimantan Barat, mampu berperan aktif dan menjadi lokomotif pembangunan bangsa, pusat

               pengembangan informasi ilmu Pengetahuan dan Teknologi dibidang peternakan melalui proses

               pendidikan, penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat”.

Visi dan Misi ini dirumuskan berdasarkan latar belakang :

1.  Visi Universitas Tanjungpura “Pada tahun 2020 Untan menjadi institusi preservasi dan pusat informasi ilmiah Kalimantan Barat srta menghasilkan luaran yang bermoral Pancasila dan mampu berkontribusi baik di tingkat daerah, nasional, regional, maupun internasional” dan Visi Fakultas Pertanian Universitas Tanjungpura “Pada tahun 2020 menjadikan lembaga Fakultas Pertanian Universitas Tanjungpura sebagai penggerak pembangunan dan pusat pengembangan serta informasi IPTEK dibidang pertanian yang berwawasan lingkungan dan berkesinambungan, baik ditingkat daerah maupun ditingkat nasional”. Sebagai Program Studi yang berada dibawah Universita Tanjungpura dan Fakultas tersebut maka Program Studi Peternakan UNTAN berkewajiban untuk mendukung atau melanjutkan Visi institusi yang berada pada hirarki yang lebih tinggi diatasnya tersebut

2. Sumber Daya yang dimiliki oleh program studi Peternakan UNTAN. Dukungan sumber daya manusia (SDM) tenaga pengajar dan staf administrasi serta didukung oleh fasilitas perkuliahan dan ruang yang memadai.

3. Dukungan Pemerintah Daerah baik Pemerintah Provinsi maupun Pemerintah Kabupaten/Kota di Provinsi Kalimantan Barat dalam bentuk kesempatan untuk menggunakan fasilitas yang memiliki oleh Pemda seperti laboratorium yang sudah bertaraf internasional, instalasi ternak dan Hijauan Makanan Ternak, RPH dan sebagainya.

4. Dukungan Pemerintah Pusat dan Daerah guna mempercepat proses penyampaian Swasembada Daging tahun 2026 dan menjadi lumbung pangan dunia tahun 2046 salah satunya dengan menyiapkan SDM Sarjana Peternakan yang berkualitas.

5. Adanya harapan bagi masyarakat Provinsi Kalimantan Barat terhadap lulusan yang mampu memanfaatkan sumber daya alam yang melimpah dalam rangka unuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat Provinsi Kalimantan Barat khusus.

B. Misi

1. Menyelenggarakan penidikan untuk menghasilkan individu yang beriman kepada Tuhan Yang Maha Esa, berkompeten dibidang peternakan, berwawasan global bertindak lokal, berkakhlak mulia, cerdas, mandiri, menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi, inovatif dan berdaya saing tinggi.

2. Menyelenggarakan Penelitian, Pengembangan dan Evaluasi dibidang peternakan yang bermutu, berbasis kearifan lokal, berwawasan lingkungan dan pembangunan yang berkelanjutan serta relevan dengan kebutuhan masyarakat Provinsi Kalimantan Barat khususnya dan masyarakat Indonesia pada umumnya.

3. Menyelenggarakan Pengabdian Kepada Masyarakat melalui berbagai kegiatan yang berbasis Ilmu Pengetahuan dan Teknologi peternakan, khususnya teknologi terapan dan tepat guna.

4. Menyelenggarakan kerjasama yang saling menguntungkan dan tidak mengikat dengan berbagai pihak yang terkait (stakeholders) dibidang pengembangan sumber daya manusia, kewirausahaan, ilmu pengetahuan dan teknologi.

C. Tujuan

1. Menghasilkan Sarjana yang beriman kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, berkompeten dibidang peternakan, berdaya saing tinggi, memiliki etos kewirausahaa, serta berwawasan lingkungan.

2. Menjadi pusat penelitian dan pengembangan dibidang teknologi, produksi, dan pakan ternak, untuk menghasilkan produk peternakan berbasis kearifan local.

3. Mengembangkan dan menerapkan ilmu pengetahuan serta memberikan jasa pelayanan professional kepada masyarakat dalam rangka pemanfaatan sumber daya alam dan sumber daya manusia dibidang peternakan.

4. Mengembangkan kerjasama dengan berbagai pihak terkait, dibidang peternakan, kewirausahaan, ilmu pengetahuan dan teknologi.

untuk lebih lengkapnya tentang Prodi Peternakan dapat dilihat websitenya disini

Adapun beberapa Kegiatan dan Tulisan pada Dosen Prodi Peternakan antara lain :

" Cegah Stunting HIMASITER Untan Kampanyekan Pentingnya Konsumsi Protein Hewani " untuk lengkapnya bisa dilihat disini

" Akademisi Peternakan Untan Latih Cara Beternak Kelinci Secara Baik " untuk lengkapnya bisa dilihat disini

" Pakan Permen Sapi yang Murah " untuk lengkapnya bisa dilihat disini

" Hewan Kurban Yang Aman, Sehat, Umum dan Halal " untuk lengkapnya bisa dilihat disini

" Ternak Pengganti Pasca Kurban  " untuk lengkapnya bisa dilihat disini

" PKM Ternak Kelinci " untuk lengkapnya bisa dilihat disini