Magister Agroteknologi (S2)

13 March 2016

LATAR BELAKANG

Program Magister Agroteknologi Fakultas Pertanian Universitas Tanjungpura dibuka dengan tujuan untuk menjadi sebuah institusi sebagai pusat pengembangan sumberdaya manusia dan ilmu pengetahuan yang akan meningkatkan kemampuan mahasiswanya dalam hal penguasaan dan pengembangan Manajemen Pertanian serta aplikasinya dalam bidang pertanian.  Adapun tujuan khusus dari program ini adalah: (1) menghasilkan lulusan yang mempunyai kemampuan mengembangkan dan memutakhirkan ilmu pengetahuan dan teknologi serta manajemen pemanfaatan sumberdaya khususnya dibidang pertanian dengan cara menguasai dan memahami, pendekatan, metode, kaidah ilmiah disertai ketrampilan penerapannya, (2) menghasilkan lulusan yang mempunyai kemampuan memecahkan permasalahan di bidang keahliannya melalui kegiatan penelitian dan pengembangan berdasarkan kaidah ilmiah, (3) mengembangkan kerjasama profesional dibidang pendidikan, penelitian dan pengembangan dalam ruang lingkup pengelolaan sumberdaya lahan, lingkungan, perlindungan tanaman dan produksi, dengan pihak-pihak yang berkompeten.

STATUS PENYELENGGARAAN

Program Magister Agroteknologi Fakultas Pertanian Universitas Tanjungpura diselenggarakan setelah mendapat izin penugasan penyelenggaraan program studi oleh Ditjen DIKTI Kemendikbud dengan suratnya Nomor: 630/E.E2/DT/2013 tertanggal 10 Juli 2013. Menurut UU No.12/2012 ps. 33 ayat 3 bahwa Pogram Studi diselelnggarakan atas izin menteri setelah memenuhi persyaratan minimum akreditasi, dan ayat 5 menyatakan bahwa Program Studi mendapatkan akreditasi pada saat memperoleh izin penyelenggaraan. Jadi Program Studi Magister Agroteknologi ini secara otomatis sudah dalam status terakreditasi. Dalam perjalanannya akan dilakukan reakreditasi (pengajuan ulang) untuk meningkatkan status akreditasi yang dimiliki.

KURIKULUM

Kurikulum Program Magister sains terdiri atas mata kuliah wajib dan beberapa mata kuliah pilihan sesuai dengan kompetensi yang dibutuhkan, dengan total 40 sks termasuk seminar dan thesis, dan dapat diselesaikan dalam waktu 2 tahun atau bahkan kurang bagi mahasiswa yang memiliki prestasi yang baik. Pengelola berupaya semaksimal mungkin agar bisa menghasilkan lulusan Magister Science Agoteknologi yang lulus tepat waktu, berwawasan tinggi, profesional, berkualitas, dengan Indeks Prestasi yang baik.  Proses outline rencana penelitian dan penunjukan dosen pembimbing dilakukan sejak awal (semester 1) agar proses pembimbingan dapat segera berlangsung dan perkuliahan dapat diselesaikan tepat waktu.  Pengelola akan selalu memonitor dan mengevaluasi baik terhadap mahasiswa program pasca sarjananya maupun tenaga pengajar dan system layanan, agar proses belajar mengajar dan proses tugas akhir (Penelitian dan Thesis) dapat terkendali dan tepat waktu.

Visi Program Studi Magister Agroteknologi:

Pada tahun 2020 Program Studi Magister Agroteknologi menjadi  pusat pengembangan sumber daya manusia, pendidikan, penelitian dan IPTEK  pertanian lahan kering dan lahan gambut  tropika  yang unggul dan berwawasan lingkungan.

Misi Program Studi Magister Agroteknologi Fakultas Pertanian :

  1. Menyelenggarakan pendidikan jenjang magister yang berorientasi pada pengembangan  ilmu pengetahuan bidang agroteknologi spesifik lokasi yang unggul di tingkat daerah dan nasional.
  2. Melakukan penelitian dan publikasi untuk mengembangkan gambut  dan lahan kering di bidang agroteknologi serta menghasilkan inovasi-inovasi teknologi di bidang budidaya pertanian yang bersifat untuk mendukung berkesinambungan.
  3. Menerapkan dan menyebar luaskan ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang Agroteknologi melalui Pengabdian Kepada Masyarakat .
  4. Melakukan kerjasama dengan institusi dalam dan luar negeri khususnya bidang yang terkait dengan bidang pertanian, terutama pengembangan di lahan kering dan lahan gambut tropis.

Tujuan Program Studi Magister Agroteknologi :

  1. Menghasilkan lulusan magister yang berkompeten, inovatif di bidang agroteknologi secara berkelanjutan
  2. Menghasilkan penelitian yang unggul dan bermanfaat dalam bidang agroteknologi khususnya pada lahan gambut tropika dan lahan kering serta menghasilkan publikasi yang diterbitkan pada jurnal nasional dan internasional.
  3. Menghasilkan teknologi tepat guna yang bermanfaat bagi masyarakat dengan mengutamakan pada kearifan lokal.
  4. Menghasilkan lulusan yang mampu menciptakan lapangan kerja di bidang pertanian
  5. Membangun jejaring dengan petani, dengan kelompokprofesi pertanian, institusi pertanian guna menunjang praktikum ataupun studi kasus.