Budidaya Tanaman Perkebunan (D3)

13 March 2016
SEJARAH PRODI BUDIDAYA TANAMAN PERKEBUNAN (D3 BTP)
Program Studi Diploma 3 Budidaya Tanaman Perkebunan (D3 BTP) merupakan salah satu program studi yang ada di Fakultas Pertanian Universitas Tanjungpura Pontianak. Program studi ini didirikan pada tahun 1999 berdasarkan SK Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan  dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 173/DIKTI/Kep/1999 tanggal 26 April 1999.
       
VISI PRODI BUDIDAYA TANAMAN PERKEBUNAN (D3 BTP)
Pusat pembinaan SDM yang menguasai IPTEK dan informasi di bidang perkebunan yang berwawasan lingkungan di tingkat regional maupun nasional.
       
MISI PRODI BUDIDAYA TANAMAN PERKEBUNAN (D3 BTP)
Menghasilkan individu individu yang terampil di bidang perkebunan, berkualitas, berilmu, disiplin, kreatif berdedikasi tinggi dan berwawasan lingkungan serta dapat menyesuaikan diri dengan kemajuan IPTEK, berlandaskan iman dan taqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.
       
TUJUAN PRODI BUDIDAYA TANAMAN PERKEBUNAN (D3 BTP)
Menghasilkan lulusan yang mampu dan terampil menerapkan ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang perkebunan, dan memiliki kecerdasan serta integritas moral yang tinggi.
 
SASARAN PRODI BUDIDAYA TANAMAN PERKEBUNAN (D3 BTP)
  • Mengembangkan program studi sesuai dengan paradigma baru pendidikan tinggi
     
  • Menyiapkan lulusan terbaik dan terpilih serta mempunyai kemampuan long life education sesuai dengan kebutuhan  masyarakat
       
STRATEGI PENCAPAIN PRODI BUDIDAYA TANAMAN PERKEBUNAN (D3 BTP)      
Untuk meningkatkan relevansi dan kualitas Prodi D3 BTP dalam rangka pencapaian visi, misi tujuan dan sasaran, program studi telah menentukan langkah strategis yang sedang dan akan dilakukan antara lain melalui :
  • Mengembangkan kurikulum yang disesuaikan dengan kebutuhan pasar kerja sehingga para lulusan mampu berkompetisi di pasar kerja
  • Melakukan monitoring dan evaluasi calon mahasiswa berdasarkan kualifikasi input yang akan mempengaruhi proses output
  • Meningkatkan efisiensi dan efektifitas proses pembelajaran dengan melakukan monitoring perkuliahan, pembuatan buku ajar dan panduan untuk praktikum, melengkapi fasilitas pembelajaran, dan melengkapi judul dan jumlah buku di perpustakaan untuk meningkatkan minat baca dosen dan mahasiswa, memaksimalkan fungsi laboratorium, baik untuk praktikum mahasiswa maupun untuk penelitian dosen
  • Meningkatkan pelayanan akademik terhadap mahasiswa seperti perwalian, proses pembimbingan laporan magang, asistensi tugas terstruktur serta tatap muka di kelas, maupun non akademik seperti pembimbingan untuk  kegiatan ekstrakurikuler
  • Menciptakan iklim kerja dan suasana akademik yang kondusif sehingga dosen dan mahasiswa merasa nyaman/betah beraktivitas di kampus

untuk lebih lengkapnya dapat dilihat website Budidaya Tanaman Perkebunan disini