Budidaya Tanaman Perkebunan (D3)

13 March 2016

Visi Proram Studi D3 BTP

“Pada tahun 2020 menjadi pusat pendidikan vokasi, penelitian dan informasi ilmiah di bidang perkebunan berbasislahan basah dan gambut tropisuntuk menghasilkan lulusanyang memiliki akhlak mulia dan menguasai teknologi budidaya perkebunanyangberwawasan lingkungan di tingkat nasional”

 

Misi Proram Studi D3 BTP

  1. Menyelenggarakan pendidikan tinggi melalui pengembangan sumber daya manusia yang mengintegrasikan antara ilmu pengetahuan dan teknologi dibidang perkebunan berbasis lahan basah dan gambut tropis.
  2. Melaksanakan penelitian dan PKM di bidang ipteks perkebunanberbasis lahan basah dan gambut tropis yang berguna bagi masyarakat.
  3. Mengembangkan kegiatan kemahasiswaan yang mengarah pada peningkatan kreativitas, kompetensi dan profesionalitas di bidang perkebunan yang berbasis lahan basah dan gambut tropis yang mampu bersaing di tingkat nasional.
  4. Meningkatkan jaringan kerjasama di bidang perkebunan dengan berbagai instansi pemerintah dan swasta di tingkat nasional.

 

Tujuan Program Studi D3 BTP

  1. Menghasilkan lulusan Ahli Madya Perkebunan yang berdaya saing tinggi, profesional dan berjiwa wirausaha.
  2. Menjadi  pusat penelitian dan PKM  di bidang perkebunan yang berbasis lahan basah dan gambut tropis.
  3. Membentuk mahasiswa yang berkompetensi dan kreatif dalamkegiatan yang bertaraf nasional.
  4. Mendayagunakan potensi daerah Kalimantan Barat melalui kerjasama dengan lembaga pemerintah, swasta dan lembaga lainnya sehingga dapat memajukan Kalimantan Barat.

 

Sasaran Program Studi D3 BTP

  1. Mengembangkan program studi sesuai dengan perkembangan teknologi dan kebutuhan dunia kerja khususnya di bidang perkebunan.
  2. Meningkatkan kualitas SDM pengelola untuk mendukung pengembangan program studi sesuai dengan visi dan misi Prodi D3 BTP.
  3. Menyiapkan lulusan yang memiliki sikap, kompetensi, dan keterampilan yang unggul di bidangnya.
  4. Memperluas jaringan dan meningkatkan kualitas kerjasama di bidang perkebunan dengan berbagai instansi pemerintah dan swasta di tingkat nasional.

 

Strategi Program Studi D3 BTP

  1. Mengembangkan kurikulum yang disesuaikan dengan kebutuhan pasar kerja sehingga para lulusan mampu berkompetisi di pasar kerja
  2. Melakukan evaluasi calon mahasiswa berdasarkan kualifikasi input yang akan mempengaruhi proses output.
  3. Meningkatkan efisiensi dan efektivitas proses pembelajaran dengan melakukan pengawasan perkuliahan, pembuatan buku ajar dan panduan praktikum, melengkapi fasilitas pembelajaran, melengkapi judul dan jumlah buku di perpustakaan untuk meningkatkan minat baca dosen dan mahasiswa, memaksimalkan fungsi laboratorium untuk praktikum mahasiswa dan penelitian dosen.
  4. Meningkatkan pelayanan akademik terhadap mahasiswa seperti pembimbingan akademik, asistensi tugas terstruktur serta tatap muka di kelas, proses pembimbingan laporan magang maupun non akademik seperti pembimbingan untuk  kegiatan ekstrakurikuler .
  5. Menciptakan iklim kerja dan suasana akademik yang kondusif sehingga dosen dan mahasiswa merasa nyaman/betah beraktivitas di kampus.
  6. Rekrutmen dosen baru untuk menambah jumlah SDM pendidik.

untuk lebih lengkapnya dapat dilihat website Budidaya Tanaman Perkebunan disini