Informasi Penerimaan Mahasiswa Baru Tahun 2016/2017

15 March 2016 | administrator

Berikut ini adalah jalur-jalur penerimaan mahasiswa baru Universitas Tanjungpura, antara lain :

I. Pendaftaran SNMPTN UNTAN 2016/2017

UNTAN adalah salah satu Universitas Negeri yang membuka penerimaan mahasiswa baru melalui jalur SNMPTN. Perlu diketahui bahwa SNMPTN adalah jalur seleksi yang dilakukan tanpa ujain tertulis. Seleksi SNMPTN dilakukan berdasarkan nilai rapor siswa dari kelas X sampai kelas XII semester 1, dan juga seleksi prestasi lain yang relevan. Hanya siswa-siswi yang secara konsisten menunjukkan prestasinya disetiap semester yang akan mendapatkan kesempatan mengikuti seleksi jalur SNMPTN.

Pendaftaran SNMPTN dilakukan dengan 2 cara, yaitu (1) pengisian data di PDSS oleh Kepala Sekolah dan verifikasi oleh siswa, (2) Pendaftaran SNMPTN secara online oleh siswa melalui alamat website http://snmptn.ac.id/.

Informasi lebih lanjut mengenai SNMPTN seperti panduan pendaftaran, persyaratan pendaftaran, jadwal pelaksanaan, biaya seleksi, jumlah pilihan PTN dan Program Studi, kriteria penerimaan, daftar PTN se-Indonesia, serta info lainnya dapat anda baca pada alamat website http://snmptn.ac.id/.

II. Pendaftaran SBMPTN UNTAN 2016/2017

Selain SNMPTN, UNTAN juga membuka penerimaan mahasiswa baru melalui jalur SBMPTN, SBMPTN atau Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri disebut juga sebagai jalur seleksi tertulis karena seleksi jalur SBMPTN dilakukan melalui ujian tertulis. Khusus untuk peserta yang memilih Progam Studi Olahraga atau Seni setelah mengikuti ujian tertulis harus mengikuti seleksi tambahan berupa ujian keterampilan.

Peserta dapat melakukan pendaftara SBMPTN melalui laman resmi SBMPTN, yaitu www.sbmptn.or.id . Peserta dapat melakukan pendaftaran seperti alur berikut ini :

  1. Silahkan buka alamat pendaftaran SBMPTN di : http://sbmptn.ac.id/
  2. Peserta melakukan pendaftaran tahap awal pada alamat tersebut
  3. Kemudian mencetak bukti pendaftaran awal
  4. Membayar biaya seleksi di Bank BNI atau Mandiri
  5. Kembali mengakses alamat www.sbmptn.or.id
  6. Login menggunakan KAP dan PIN yang didapatkan dari Bank
  7. Mengisi formulir pendaftaran secara lengkap dan benar.
  8. Akhirnya mencetak kartu tanda peserta ujian.

Keterangan-keterangan lainnya dapat anda baca pada artikel www.sbmptn.or.id. Silahkan kunjungi artikel tersebut untuk mendapatkan informasi lebih lengkap.

III. Pendaftaran Bidikmisi UNTAN 2016/2017

Bidikmisi adalah pemberian dana bantuan untuk calon mahasiswa yang berasal dari keluarga kurang mampu agar untuk membiayai studinya di Perguruan Tinggi dan diharuskan mahasiswa tersebut dapat menyelesaikan studinya dengan tepat waktu.

Pendaftaran Bidikmisi dilakukan secara online melalui alamat http://bidikmisi.belmawa.ristekdikti.go.id/. Peserta yang akan mendaftar harus mendapatkan rekomendasi dari Kepala Sekolah. Setelah mendapatkan rekomendasi, maka peserta akan diberik Kode Akses Pendaftaran dan dapat digunakan untuk login pendaftaran Bidikmisi ke alamat di tersebut.

Informasi selengkapnya mengenai Bidikmisi dapat anda baca pada alamt http://bidikmisi.belmawa.ristekdikti.go.id/. Pada artikel tersebut telah dijelaskan mengenai tata cara pendaftaran, persyaratan pendaftaran, jadwal pelaksanaan, serta ketentuan lainnya.


IV. Pendaftaran Seleksi Mandiri UNTAN 2016/2017

Selain membuka jalur penerimaan mahasiswa baru melalui jalur nasional di atas, UNTAN juga membuka penerimaan mahasiswa baru melalui jalur mandiri yang disebut dengan SCMB UNTAN.

Jalur mandiri ini diselenggarakan secara lokal oleh UNTAN untuk menyeleksi calon mahasiswa baru yang ingin kuliah di UNTAN. Untuk bisa mendaftar, maka anda harus memenuhi persyaratan berikut

Persyaratan Umum

  1. Bagi yang memilih Program Reguler A, Lulusan SMA/MA/SMK/MAK/SMK  atau yang setara / paket C, yang memiliki rapor sampai kelas XII tahun 2014, 2015 dan 2016.
  2. Bagi yang memilih Program Reguler B, Program Studi Matematika, Biologi, Fisika, Kimia, Sistem Komputer, Farmasi dan Keperawatan Lulusan SMA/MA tahun 2013, 2014, 2015,  dan 2016 .
  3. Bagi yang memilih Program Reguler B Selain Program Studi tersebut pada No. 2 tahun lulusan tidak dibatasi.
  4. Memiliki kesehatan yang memadai sehingga tidak mengganggu kelancaran proses belajar mengajar di UNTAN.

Persyaratan Khusus

  1. Calon Peserta hanya boleh memilih dua program studi pada setiap kelompok ujian.
  2. Bagi calon peserta yang memilih program studi pendidikan jasmani, kesehatan dan rekreasi tinggi badan minimal 155 cm untuk wanita dan minimal 160 cm untuk pria.
  3. Bagi calon peserta yang memilih Program Studi Pend. Biologi, Pend. Fisika, Pend. Kimia, Biologi, Fisika, Kimia, Sistem Komputer, Farmasi dan Keperawatan harus menyerahkan surat keterangan bebas buta warna dari Dokter Spesialis.
  4. Bagi calon peserta yang memilih program studi Ilmu Hukum Reguler B diwajibkan mengikuti tes wawancara.
  5. Program Studi Pendidikan Dokter, hanya menerima calon mahasiswa yang berasal dari SMA/MA jurusan IPA
  6. Bagi peserta yang memilih Program Studi Pendidikan Dokter diwajibkan mengikuti tes psikologi dan tes kesehatan setelah ujian tulis dilaksanakan

Tata Cara Pendaftaran

  1. Calon peserta mengakses website http://scmb.untan.ac.id untuk mencetak KAP dan PIN
  2. Bawa hasil cetakan KAP saat membayar biaya pendaftaran pada Bank Kalbar
  3. Setelah membayar biaya seleksi, silahkan akses kembali alamat http://scmb.untan.ac.id untuk melengkapi biodata lengkap serta mencetak Kartu Bukti Peserta (KBP)
  4. Calon Peserta wajib datang melihat Lokasi Ujian, Ruang dan tempat duduk ujian sesuai yang tertera pada Kartu Bukti Peserta (KBP) satu hari sebelum pelaksanaan Ujian.
  5. Calon peserta siap mengikuti ujian Seleksi Mandiri

Informasi

Program Pertukaran Mahasiswa Nusantara (PERMATA)

12 August 2016 | administrator

Punya pendapat atau tulisan yang ingin di tampilkan di halaman web fakultas Pertanian? Silahkan kirim tulisan kalian disini.

Tulis Opini