Motivasi Mahasiswa, Faperta Gelar Kuliah Umum

8 April 2016 | administrator

Pontianak, 13/03/2016. Guna memotivasi mahasiswa yang akan terjun ke masyarakat, Mahasiswa Fakultas Pertanian, Universitas Tanjungpura menggelar perkulihan umum yang diselenggarakan di ruang seminar Faperta Untan.

Kegiatan yang bertemakan ‘Alih Teknologi Dalam Rangka Ketahanan Pangan Nasional’ ini sebagai bekal informasi dalam kegiatan penyuluhan teknologi untuk bekal kedepannya.

“Teknologi yang telah dikembangkan selama ini diantaranya sistem informasi Kalender Terpadu Menanam (Katam), baik melalui sms maupun melalui website. Sistem informasi ini bertujuan sebagai bekal informasi mengenai iklim, cuaca , kondisi lahan, curah hujan, serta rekomendasi tanaman yang baik untuk ditanam sesuai dengan topografi suatu daerah,” ujar Kasi Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP), Rusli Burhansyah, (13/3).

Rusli menambahkan, BPTP sendiri sudah mengembangkan sebuah aplikasi KATAM via android yang berkerja secara sinergis antara teknologi satelit telepon dengan teknologi informasi BPTP secara terpadu. Ini merupakan sebuah aplikasi yang bermanfaat bagi tenaga penyuluhan dan stake holder yang terkait dalam mengembangkan sebuah proyek pertanian kedepannya.

“Anda tinggal mengakses akun playstore untuk semua android kemudian tinggal tulis nama kalender terpadu pada kolom pencarian lalu muncul kalender terpadu dari Badan Litbang Pertanian, klik lalu pilih pasang, tunggu dan jadi. Aplikasi dapat diakses oleh semua kalangan yang memiliki android,” jelasnya.

Sementara itu, Presiden Mahasiswa Fakultas Pertanian Heriyanto mengatakan, jika Ia tidak menyangka bahwa peserta yang hadir pada agenda ini sangat antusias.

“Awalnya kami menargetkan sebanyak 30 peserta yang hadir, dikarenakan kapasitas ruangan yang terbatas namun ketika acara berlangsung ada sebanyak 40 mahasiswa ikut terlibat dalam acara ini bahkan ada peserta dari kampus sebelah juga ikut pada kegiatan ini,” katanya.

Dilanjutkan Heriyanto, Semoga kegiatan ini, dapat bermanfaat bagi semua mahasiswa Fakultas Pertanian khususnya mahasiswa Untan.

“Saya berharap kegiatan ini dapat menjadi bekal bagi kita untuk terjun ke masyarakat dalam kegiatan penyuluhan pertanian,” pungkasnya.

Berita

Motivasi Mahasiswa, Faperta Gelar Kuliah Umum

8 April 2016 | administrator

Punya pendapat atau tulisan yang ingin di tampilkan di halaman web fakultas Pertanian? Silahkan kirim tulisan kalian disini.

Tulis Opini