Kegiatan Sosialisasi Teknik Penulisan Jurnal Internasional Tenaga Pendidik Fakultas Pertanian UNTAN

20 February 2019 | administrator

Jurnal ilmiah merupakan sarana strategis dalam pengembangan kompetensi Dosen dan Peneliti di Indonesia Publikasi ilmiah merupakan persyaratan  untuk kenaikan pangkat dan menunjukan reputasi kepakaran seseorang akademisi di tingkat nasional maupun  internasional. Di Indonesia kenyataan ini menunjukan bahwa kebutuhan untuk publikasi tidak sesuai dengan kesulitan banyak jurnal ilmiah di Indonesia untuk terbit secara teratur karena ketidak mampuan memperoleh artikel yang layak di terbitkan. Publikasi jurnal merupakan jalan menuju reputasi akademis dan karir sebagai akademisi para penulis bekerja harus secara professional dan harus mampu merbitkan jurnal yang banyak dibaca dan disitasi oleh banyak peneliti, untuk itu penerbitan jurnal sangat erat kaitannya dengan cara penulisan serta bagaimana agar jurnal tersebut dapat terbit secara kuntiyu dan ditisasi, untuk itu perlu adanya pelatihan – pelatihan penulisan jurnal bagi para peneliti pemula sehingga akan mendapat gambaran bagaiaman penulisan ilmiah yang bersetandar dan memiliki mutu sehingga dapat memenuhi syarat untuk di publikasikan secara nasional maupun internasional. Oleh karena itu Fakultas Pertanian Universitas Tanjungpura mengadakan Kegiatan " Sosialisasi Teknik Penulisan Jurnal Internasional " yang dihadiri oleh Narasumber Prof. Dr. Ir. Kuswanto, MS, beliau adalah seorang Dosen Fakultas Pertanian Universitas Brawijaya Malang dan Editor in Chief di Journal of Agricultural Science (AGRIVITA). Dengan adanya kegiatan ini diharapkan Sumber Daya Manusia khususnya bagi para tenaga Dosen Fakultas Pertanian UNTAN akan:

  1. Mampu mempublikasikan penulisan karya ilmiah ke tingkat internasional dan meningkatkan reputasi karya ilmiah yang terpublikasi bersekala internasional dan meningkatkan reputasi sebagai tenaga akademisi.
  2. Tantangan menjawab tantangan globalisasi terutama dalam rangka persaingan global dalam peningkatan publikasi penelitian ilmiah tingakat nasional bagi para peneliti dan akademisi.
  3. Hasil- hasil penelitian diharapkan akan menjadi disertasi dan banyak dibaca oleh banyak peneliti sebagai refrensi.
  4. Bagi para tenaga dosen atau akademisi yang memiliki rasa tanggung jawab terhadap kemajuan pengembangan Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat yang mengemban tugas Tridharma Perguruan Tinggi.